Cara Menjadi Spiritual Minimalis

Cara Menjadi Spiritual Minimalis

Diartikel ini kita tidak akan membicarakan lagi apa itu arti spiritual. Jika anda masih belum tahu apa itu arti dari kata spiritual dan bagaimana menjadikan kata spiritual sebagai alat kebahagiaan dan kesuksesan untuk hidup anda, maka saya sarankan baca artikel Arti Kata Spiritual Dan Cara Memanfaatkannya Demi Kebahagiaan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu spiritual minimalis dan bagaimana untuk menjadi seperti ini.

Mari terlebih dahulu kita membahas arti kata minimalis. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (KBBI) online arti kata minimalis adalah berkenaan dengan penggunaan unsur-unsur yang sederhana dan terbatas untuk mendapatkan efek atau kesan yang terbaik. Menurut kamus online internasional dictionary.com kata minimalist pertama kali muncul tahun 1907 lalu mulai populer tahun 1917 dalam dunia politik di Rusia dan tahun 1969 digunakan sebagai aliran dalam seni yaitu aliran minimalis.

Selama ini di Indonesia kata minimalis populer lewat istilah arsitektur. Bangunan gaya minimalis, rumah bergaya minimalis, dan lain sebagainya. Jika kita perhatikan bentuk dari gedung atau rumah minimalis biasanya ukurannya kecil karena benar-benar memanfaatkan luas tanah yang ada serta rancangan gaya didalamnya pun bersifat kecil dan memanfaatkan luas dimensi ruang. Tentu jika anda mau menguasai soal rumah minimalis dan rancangan gaya didalamnya bukan disini tempatnya.


Perbedaan Dan Persamaan Gaya Hidup Minimalis Dengan Spiritual Minimalis
Tadi saya sempat ngelantur soal minimalis. Sekarang waktunya kembali kejalurnya. Minimalis membuat hidup anda lebih bahagia dengan lebih sedikit memiliki segalanya, lebih sedikit harta, lebih sedikit aset, lebih sedikit alat elektronik, lebih sedikit atau bahkan tidak ada kemewahan sama sekali, egoisme yang lebih sedikit, lebih sedikit dalam mengkonsumsi apapun. Seorang minimalis yang legendaris dalam agama Islam agama saya adalah Nabi Muhammad SAW. Beliau merupakan contoh yang ekstrim jika kita berbicara soal gaya hidup minimalis. Pernah dikisahkan Nabi Muhammad pernah ditawari oleh ALLAH SWT butiran emas sebesar pasir yang jumlahnya sebanyak pasir dipadang pasir. Nabi Muhammad menolak tawaran itu. Bisa saja dia memilih untuk menerima tawaran dari ALLAH SWT dan hidup bergelimang harta tapi beliau memilih untuk hidup kenyang satu hari lalu hidup kelaparan dihari berikutnya. Ketika kenyang beliau bersyukur kepada ALLAH SWT dan ketika kelaparan beliau berdoa memohon diberikan rezeki supaya bisa makan. Mungkin anda juga bisa mengambil contoh hidup minimalis yang ekstrim dari seseorang didalam agama anda sendiri.

Kenapa Nabi Muhammad saya sebutkan sebagai penganut hidup minimalis yang ekstrim? Tunggu dulu. Walau pun kata ekstrim biasa dihubungkan dengan suatu bentuk atau kejadian yang tidak bagus tapi ekstrim kali ini dalam artian yang sangat positif. Jika anda berada dalam posisi Nabi Muhammad dan ditawari emas sebegitu banyaknya apakah anda akan menolaknya? Saya yakin kesempatan ini pasti anda ambil dan terima sama seperti saya. Pikiran saya yang menggelitik menyimpulkan ambil dulu emasnya ditabung atau diinvestasikan lalu kaya raya tapi hidup sederhana atau minimalis.

Hidup minimalis itu adalah hidup sederhana yang bisa membuat anda menjadi mandiri dan sehat jasmani dan rohani. Saya sebutkan jasmani berarti segala sesuatu yang bersifat fisik yang ada didalam tubuh fisik kita dan juga yang ada diluar tubuh kita yang sifatnya sebagai suatu objek atau kebendaan yang berhubungan langsung dengan kita. Rohani berhubungan dengan roh dalam diri kita, energi positif kita, kekuatan pikiran kita serta kekuatan tenaga dalam dan juga kekuatan spiritual kita.

Hidup minimalis itu berarti mengurangi kepemilikan dan mengadopsi gaya hidup sederhana. Mampu mengurangi kebutuhan hidup. Kalau dalam istilah kebutuhan, ada kebutuhan primer (makanan, pakaian dan tempat tinggal), kebutuhan sekunder (hiburan rekreasi, televisi, majalah, kulkas, dan lain-lain) dan ada kebutuhan tersier (perhiasan, telepon genggam/HP, mobil mewah, dan lain sebagainya). Maka seorang dengan gaya hidup minimalis tak akan pernah mau keluar dari kebutuhan primer. Alias menghindari kebutuhan sekunder dan juga tersier.

Hidup minimalis mementingkan kualitas dari pada kuantitas. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan dalam hidup dan akan mampu membuat orang lain yang melihat terkagum-kagum. Gaya hidup minimalis juga mampu menghilangkan rasa takut terhadap kerasnya jaman modern ini yang dimana semuanya serba mahal, banyak orang berusaha tampil keren dan bagus dimasyarakat agar kiranya diterima dengan baik dan disegani bahkan ditakuti. Tentu hal ini akan memberikan tekanan yang luar biasa tinggi dalam kehidupan.
Cukup terbukti dengan mengurangi hasrat untuk memiliki sesuatu merupakan jalan untuk menuju kebahagiaan dan ketenangan jiwa. Disaat orang sibuk bekerja keras demi bisa membeli mobil, anda bekerja keras untuk menabung hasil kerja anda direkening bank dan sudah puas dengan motor butut yang anda miliki sebagai alat transportasi sehari-hari.

Tentu gaya hidup minimalis patutnya kita turunkan ke anak cucu kita kelak dimasa yang akan datang. Akan tetapi kebanyakan dari orangtua gagal mengajarkan gaya hidup minimalis ini dikarenakan sudah masuknya budaya barat yang begitu kuat di Indonesia. Standar budaya barat yang masuk ke Indonesia adalah mengajarkan gaya hidup maksimalis. Contoh mudahnya dijaman sekarang coba anda buka tas anak yang bersekolah di SMP, didalamnya dipastikan ada telepon genggam. Siapa yang membelikan? Siapa yang mengajarkan fungsinya? Ya benar orangtua si anak tersebut. Tentu hal ini sangat kita hindari.

Lalu adakah persamaan dan juga perbedaan antara gaya hidup minimalis dengan spiritual minimalis? Persamaannya cukup banyak dan perbedaannya itu tipis. Spiritual minimalis adalah pengembangan dari gaya hidup minimalis. Jadi banyak nilai-nilai hidup minimalis dilakukan didalam spiritual minimalis. Perbedaan dari hidup minimalis dengan spiritual minimalis adalah kalau hidup minimalis lebih fokus kepada diri sendiri sedangkan spiritual minimalis cakupannya tak hanya pada diri sendiri tapi juga orang lain dan segala sesuatu yang ada dialam semesta ini. Menjadi spiritual minimalis tak hanya berguna untuk diri sendiri tapi juga untuk seluruh makhluk hidup dan alam semesta.


Cara Menjadi Spiritual Minimalis
Untuk menjadi seperti ini tentunya anda butuh mengetahui arti dari kata spiritual itu dan bagaimana cara menetapkan rumusan hidup, kesuksesan dan kebahagiaan dari kata spiritual. Silahkan baca artikel Arti Kata Spiritual Dan Cara Memanfaatkannya Demi Kebahagiaan. Setelah anda tahu arti kata spiritual menurut versi anda sendiri maka masukkan kedalam hidup sehari-hari anda. Misal arti spiritual menurut  anda adalah ilmu pengetahuan, cinta dan kasih sayang. Maka raihlah ilmu pengetahuan setinggi mungkin dan tebarkanlah cinta dan kasih sayang berkat ilmu pengetahuan anda itu.

Sebagai contoh murid spiritual saya belajar program tenaga dalam modern dan program kebatinan spiritual modern. Tujuannya menjadi spiritual minimalis adalah untuk mendedikasikan dirinya membantu diri sendiri dari masalah hidup yang dihadapinya dan khususnya membantu orang lain dengan kemampuan yang dimilikinya. Tentu dengan cara ini dia sudah menjadi orang spiritual namun tetap tidak meninggalkan sisi minimalisnya. Hidupnya begitu sederhana walau pun memiliki uang dan harta banyak tapi sebagian hartanya dia banyak sumbangkan untuk tujuan kemanusiaan.

Lengkapnya beginilah cara menjadi spiritual minimalis:
Banyak bertanya tentang alam dan apa yang ada dan terjadi didalamnya kepada diri anda sendiri. Dan bertanya kepada diri sendiri juga apa yang bisa anda lakukan untuk bisa menyatu dengan alam. Kontribusi apa yang bisa anda berikan kepada alam beserta isinya. Dan jangan pernah meminta balasan kepada Tuhan YME.

Ubah pola tidur
anda yang biasa tidur larut malam untuk tidur lebih cepat karena sebagai spiritual minimalis itu adalah untuk menjadi sangat aktif setiap hari.

Mulailah sadar dengan perubahan dan sensasi tertentu
seperti anda misalnya mulai bisa menangis ketika melihat adegan yang sedih disuatu film. Anda mulai bisa merasakan sensasi tertentu ditubuh misal badan terasa hangat tiba-tiba. Ini bisa jadi secara spontan tenaga dalam anda aktif sesaat karena jumlah energi positif yang membesar dalam tubuh anda.

Mulailah berpikir tentang suatu ide
dan langsung jalankan ide itu tanpa ditunda-tunda.

Ubah pola makan dan minum serta segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan
demi kelihatan lebih muda, kuat dan enerjik. Lakukan olahraga secara rutin.

Belajar simpati dan empati
terhadap kesusahan yang dialami orang lain.

Tingkatkan kedisiplinan
karena akan sangat mendukung anda sebagai spiritual minimalis.

Belajar budaya baru yang modern
tapi jangan tinggalkan budaya tradisional.

Ubah kebiasaan dan hobi
yang mengeluarkan biaya besar dan banyak-banyaklah menabung.

Belajar ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan spiritual
seperti belajar agama, tenaga dalam, metafisika spiritual dan lain-lain.

Cari guru spiritual
untuk membimbing anda.

Jadilah lebih aktif
dalam beraktivitas dan jangan pasif.

Pertebal ibadah dan berdoa
karena tanpa ini menjadi spiritual minimalis seperti sayur tanpa garam.

Jika anda berminat untuk belajar dan mendalami tenaga dalam modern dan kebatinan spiritual modern, silahkan kunjungi:
Program Tenaga Dalam Modern - https://www.energi-positif.net/tenaga_dalam.htm

Program Kebatinan Spiritual Modern - https://www.energi-positif.net/kebatinan_spiritual.htm

Atau hubungi nomor saya Tonar Eki F - 0813*1061*4567

Copyright (April 2019) EPKP - Tonar Eki Febrian - www.energi-positif.net

Monday, April 29, 2019